KIRAB 1 SURO TH. 2016 DI PUNCAK SUROLOYO

Senin, 3 Oktober 2016 10:40:50 - Oleh : admin

Gunungan kirab 1 Suro th. 2016

PERINGATAN HARI IBU DI KECAMATAN SAMIGALUH

PERINGATAN HUT KORPRI KE-45 KECAMATAN SAMIGALUH

UPACARA PERINGATAN HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER 2016 KECAMATAN SAMIGALUH

PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA KE-88 TAHUN 2016 KECAMATAN SAMIGALUH

Tim Merti Bumi Tinalah akan Pentas di TMII Jakarta

KIRAB 1 SURO TH. 2016 DI PUNCAK SUROLOYO

Hari Minggu Tgl. 02 Oktober 2016 pukul 09.00 WIB di Pedukuhan Keceme, Gerbosari Samigaluh diadakan kirab jamasan Pusaka pemberian dari Kraton Yogyakarta yaitu berupa Tombak Kyai Manggolo Murti dan Songsong Kyai Manggolo Dewo. Kirab dimulai dari rumah sesepuh warga di Pedukuhan Keceme sampai di Sendang Kawidodaren, diikuti tetabuhan dan kesenian mengiringi kirab jamasan pusaka ini, kirab ini juga mengusung gunungan yang berisi warna-warni hasil bumi dari warga seperti kacang panjang, wortel, nanas, lombok, jagung dll. Yang mempunyai makna yaitu rasa syukur kepada Allah SWT yang sudah memberikan rezeki yang banyak.

Sebelum sampai di tempat jamasan rombongan berhenti di area patung Punakawan dimana patung ini sebagai simbol selamat datang yang mempunyai nilai filosofis yang tinggi, di tempat tersebut kirab jamasan pusaka dibuka oleh Camat Samigaluh Setiawan Tri Widada, S.Sos dengan berdoa bersama diikuti oleh Muspika, Perangkat Desa, karyawan dan segenap tamu undangan.

Setelah upacara dibuka rombongan kirab melanjutkan perjalanan menuju Sendang Kawidodaren untuk melaksanakan jamasan pusaka dari Kraton Yogyakarta.

 

 

 

 

 

 

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak