RUMAH PRODUKSI SERABUT KELAPA GEBANG

Rabu, 19 Oktober 2016 14:47:08 - Oleh : admin

Peresmian

SUPARNO,S.IP TERPILIH SEBAGAI KETUA TPID SAMIGALUH

PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA KE 89 TAHUN 2017 KEC.SAMIGALAUH

PENGUMUMAN HASIL TES TERTULIS CALON ANGGOTA PANWASLU KECAMATAN

PENGUMUMAN CALON ANGGOTA PANWASLU KECAMATAN SAMIGALUH

PENDAFTARAN CALON PANWASLU KECAMATAN

RUMAH PRODUKSI SERABUT KELAPA GEBANG

 

Samigaluh, 17/10/16. Rumah produksi diresmikan di Pedukuhan Gebang Desa Kebonharjo, produksi serabut kelapa merupakan industri rumahan yang kedepannya akan menjadi produk unggulan yang ada di Gebang sekaligus memberdayakan warga masyarakat sekitar untuk menumbuhkan spirit usaha ekonomi kreatif warga.

Kebonharjo merupukan salah satu Desa penghasil kelapa terbanyak, ada sekitar tiga ribu delapan ratus pohon, jika kita lihat di pegunungan menoreh pohon kelapa sangat banyak, belum pohon kelapa di Samigaluh. Kebonharjo meruapakan salah satu Desa pemasok bahan mentah (baku) dalam bentuk kelapa murni ke berbagai daerah yang ada di DIY dan Jateng. Sehingga menyisakan ribuan bahan sabut tanpa diolah, maka Pemerintah Desa menginisiasi bagaimana produk serabut ini menjadi produk unggulan (ekonomi kreatif) dikelola untuk kerajinan yang akan mempunyai nilai lebih dan nilai jual tinggi.

Pemerintah Desa bekerjasama dengan kampus UII Yogyakarta melakukan studi lapangan dan pemetaan potensi yang ada di Kebonharjo, setelah dilakukan pemetaan terebut, dipilihlah Dusun Gebang sebagai homebase produksi serabut kelapa, sebelumnya warga masyarakat selain menjual kelapanya saja juga membuang sabut kelapa, yang sebenarnya kelapa merupakan pohon multifungsi. Jika ada yang menggunakan biasanya digunakan untuk bahan bakar memasak oleh warga sekitar. Dengan demikian amat sayang tidak dikelola dengan baik menjadi produk. Menjalankan usaha sabut kelapa memang tidak mudah, banyak persiapan yang harus dilakukan, mengingat sabut kelapa melibatkan banyak pihak.

Dalam minggu ini akan dilaksanakan pelatihan pembuatan sapu dan keset, untuk pesertanya umum. Selanjutnya fokus produksi adalah pembuatan sapu dan keset, yang nantinnya akan di promosikan di Samigaluh. Sapu dan keset, merupakan produk unggulan dengan bahan alami sabut kelapa akan menjadi tren alami di tengah tengah masyarakat yang serba bahan plastik. Kedepannya akan dimanfaatkan kelapa bentuk santan untuk memasak, batok buat kerajinan sebagai bahan baku (briket) alternatif.

Pohon kelapa merupakan tanaman yang mempunyai banyak kegunaan dari setiap bagiannya. salah satunya adalah kulit buah kelapa yang disebut sabut. sabut yang diolah akan menghasilkan berbagai produk seperti serat yang disebut dengan coconut fiber atau coco fiber. coconut fiber mempunyai sifat yang kuat, tahan lama dan fleksibel. Semacam menjadi unit sintetis yang sehat untuk dekorasi rumah, mobil dsb.

Sumber daya alam berupa kelapa yang melimpah dan didukung sumber daya manusia yang mumpuni diharapkan menjadi rumah produksi yang kreatif. Rohmat lilik selaku Kepala Desa Kebonharjo mengungkapkan bahwa “Konsep pembangunan Desa ini tidak hanya fokus pembangunan fisik tetapi juga pemberdayaan ekonomi warga masyarakat sebagai prioritas utama untuk memberdyakan warga masyarakat sekitar,” Imbuhnya. Konteks semua ini, adalah dalam rangka menyambut kesiapan warga masyarakat Kebonharjo untuk menyambut bedah menoreh, karena Samigaluh akan menjadi kota satelit (Kota Menoreh) diharapkan nantinya ketika Kota Menoreh sudah diresmikan, warga masyarakat kebonharjo sudah siap dan mempunyai icon produk yang siap dipasarkan. Selain berwisata juga disuguh barang kerajinan kreatif. Sebagai Desa yang mempunyai produk unggulan nantinya menjadi sumber ekonomi warga masyarakat sekitar. (Moy)

« Kembali | Kirim | Versi cetak