Tim Merti Bumi Tinalah akan Pentas di TMII Jakarta

Jum`at, 21 Oktober 2016 15:59:07 - Oleh : admin

persiapan

SUPARNO,S.IP TERPILIH SEBAGAI KETUA TPID SAMIGALUH

PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA KE 89 TAHUN 2017 KEC.SAMIGALAUH

PENGUMUMAN HASIL TES TERTULIS CALON ANGGOTA PANWASLU KECAMATAN

PENGUMUMAN CALON ANGGOTA PANWASLU KECAMATAN SAMIGALUH

PENDAFTARAN CALON PANWASLU KECAMATAN

Tim Merti Bumi Tinalah akan Pentas di TMII Jakarta

 

Samigaluh 21/10/16, Jumat sore Tim Merti Bumi Tinalah berkumpul dan bersiap berangkat, rombongan dipimpin oleh Raden Sadil Mur Said dan didampingi oleh Bambang Eko Sumaryanto dari Dinas Kebudayan Kabupaten Kulon Progo untuk berangkat ke Jakarta untuk mengikuti acara Festival upacara adat tingkat nasional yang akan dilaksanakan pada hari minggu 23/10/16 di Taman Mini Indonesia Indah.

Merti Bumi Tinalah sendiri merupakan upacara adat yang diselenggrakan setiap tahun oleh warga masyarakat Purwoharjo sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Tinalah merupakan salah satu sungai yang membelah Desa Purwoharjo, diantara kaki perbukitan menoreh. Di Purwoharajo sendiri Bumi Perkemahan dan Outbond Tinalah praktis dijadikan simbol unggulan Desa wisata.

Sebagai perwakilan Kabupaten Kulon Progo, Tim Upacara Adat Bumi tinalah (Seni Tarian, Bergodo dan Jathilan) merupakan salah satu kontestan acara kirab yang diselenggrarakan Dinas Kebudayaan dari lima kabupaten kota yang ada di DIY. Tim Bumi Tinalah Purwoharjo bersolek dan bekerja keras untuk menjadi yang terbaik. Dengan do’a dan dukungan semua warga masyarakat dan semua pihak, Tinalah dinobatkan sebagai juara 1 tingkat DIY dalam festival upacara adat yang dilaksanakan di lapangan Denggung kabupaten sleman pada tanggal 24 Juli 2016 lalu, dengan memperoleh trophy dan uang pembinaan sehingga mewakili DIY ke tingkat nasional. 

Berbekal Juara 1 tingkat DIY, dengan rasa optimisme tinggi Tim Merti Bumi Tinalah (Seni Tarian, Bergodo dan Jathilan) dalam hal ini, nantinya akan berkolaborasi dengan Jathilan dari Petir Gunung Kidul yang juga dinobatkan sebagai Juara 1 Jathilan DIY. kolaborasi ini akan menampilkan suguhan kesenian yang menarik dan membuat terpukau serta kagum, sehingga nanti harapannya bisa menjadi yang terbaik di tingkat nasional. Pemerintah Desa dan warga masyarakat Purwoharjo melepas rombongan dan berharap agar di Jakarta nantinya berjalan dengan lancar serta sukses pentasnya dan Mengharumkan Daerah Istimewa Yogyakarta. (Moy)

 

Salah Satu Persiapan

Penyerahan Trophi dan Uang pembinaan juara DIY (24/07/2016)

« Kembali | Kirim | Versi cetak