Informasi Setiap Saat

 

 INFORMASI TERSEDIA SETIAP SAAT

 

NO.

INFORMASI

PENANGGUNG JAWAB

1

2

3

1.   

Kecamatan Sebagai Penyelenggara Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Keputusan Bupati No. 403 th. 2013)

Kepala Seksi Pemerintahan

2.  

Perbup Tentang Uraian Tugas Unsur Organisasi Terendah pada Kecamatan (Perbup No. 63 Tahun 2012)

Kasubag Umum & Kepegawaian

3.   

Perbup Tentang Kualifikasi Jabatan Struktural dan Jabatan Fungsional Umum

Kasubag Umum & Kepegawaian

4.   

Perbup Tentang Kualifikasi Jabatan Fungsional Tertentu

Kasubag Umum & Kepegawaian

5.  

Perbup Tentang  Kualifikasi Jabatan Pegawai Non PNS

Kasubag Umum & Kepegawaian

6.  

Perbup Tentang Pedoman Koordinasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah

Kasubag Umum & Kepegawaian

7.   

Perbup Tentang Pakaian Dinas PNS di Lingkungan Pemerintah Daerah

Kasubag Umum & Kepegawaian

8.  

Perbup Tentang Tata Naskah Dinas

Kasubag Umum & Kepegawaian

9.   

Perbup Tentang Pedoman Penyusunan Standar Pelayanan Publik

Kasubag Umum & Kepegawaian

10.    

Perbup Tentang Standar Pelayanan Publik Pada Kecamatan

Kasubag Umum & Kepegawaian

11.   

Perbup Tentang Standar Pelayanan Publik Pada BPMPT

Kasubag Umum & Kepegawaian


 

 

 

 

RENCANA STRATEGIS

 

A. PENDAHULUAN

Untuk mencapai Visi dan Misi Bupati Kulon Progo yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Kulon Progo T^ahun 2011-2016 yang telah dilakukan perubahan, maka Kepala SKPD Kecamatan Samigaluh menyusun Review/Perubahan rencana strategis SKPD Kecamatan Samigaluh Tahun 2011-2016.

 

B. SISTEMATIKA RENSTRA SKPD

BAB  I    PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Rencana Strategis Satuan Kerja Perangkat Daerah yang kemudian disebut Renstra SKPD merupakan dokumen perencanaan pembangunan daerah untuk periode 5 tahunan yang merupakan penjabaran dari visi, misi, dan program SKPD dalam hal ini SKPD Kecamatan Samigaluh yang berpedoman pada Peraturan Daerah Kabupaten Kulon Progo Nomor 2 Tahun 2012 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Kulon Progo Tahun 2011 – 2016. Sesuai dengan amanat Undang Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dan Undang Undang  Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, setiap pemerintah daerah wajib menyusun RPJMD sebagai dokumen rencana resmi daerah yang dipersyaratkan untuk mengarahkan pembangunan daerah dalam jangka waktu 5 (lima) tahun ke depan masa pimpinan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Terpilih, yang kemudian RPJMD tersebut dijabarkan dan dipedomani dalam penyusunan Renstra SKPD.

Renstra SKPD disusun dengan memperhatikan kondisi internal dan eksternal SKPD yang akan terangkum dalam isu-isu strategis melalui analisis SWOT. Kondisi internal  meliputi kondisi fisik dan lingkungan, perekonomian wilayah, keuangan daerah, kependudukan, sosial budaya, sarana dan prasarana, pemerintahan dan keamanan dan politik. Analisis terhadap kondisi internal akan menemukenali potensi yang dimiliki dan masalah yang dihadapi. Faktor eksternal meliputi kondisi eksternal baik regional, nasional dan internasional yang mempengaruhi kondisi. Kondisi eksternal akan menjadi peluang dan tantangan bagi pengembangan SKPD yang pada gilirannya akan berpengaruh pada perkembangan wilayah Kabupaten Kulon Progo.

Selanjutnya, karena berfungsi sebagai dokumen publik yang merangkum daftar rencana program 5 (lima) tahunan di bidang pelayanan umum pemerintahan, maka proses penyusunan Renstra SKPD ini juga dilakukan melalui serangkaian forum musyawarah perencanaan partisipatif, dengan melibatkan seluruh unsur pelaku pembangunan setempat. Karena pertimbangan itu, maka matriks rencana program 5 (lima) tahunan yang diuraikan di dalam dokumen adalah hasil kesepakatan seluruh unsur pelaku pembangunan dengan tetap memperhatikan kebijakan dan program strategis Kabupaten, provinsi dan nasional.

 

 

 

 

RENCANA KERJA

      BAB  I

PENDAHULUAN

 

1.1      Latar Belakang

Rencana Kerja SKPD Kecamatan Samigaluh Tahun Anggaran 2015 merupakan realisasi dan tindak lanjut dari Rencana Strategis SKPD Kecamatan Samigaluh Tahun 2011 – 2016, dimana pada Tahun Anggaran 2015 ini merupakan tahun ke 4 (empat) dari  Renstra tersebut sebagaimana telah diamanatkan oleh  1) Undang-undang Nomor 17 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (2005 – 2025); 2) Peraturan Presiden Republik Indonesia  Nomor 5 Tahun 2010 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2010 – 2014; 3) Peraturan Daerah Kabupaten Kulon Progo Nomor 14 Tahun 2007 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Daerah kabupaten Kulon Progo; 4) Peraturan Daerah Kabupaten Kulon Progo nomor 16 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Kabupaten Kulon Progo (2005 – 2025); dan 5) Peraturan Daerah Kabupaten Kulon Progo Nomor 02 Tahun 2012 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Kulon Progo (2011 – 2016).

SKPD kecamatan dalam melaksanakan tugasnya mendasarkan pada kewenangan yang telah dilimpahkan oleh Bupati kepada Camat sesuai Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 48 Tahun 2012 tentang Pelimpahan Sebagian Urusan Pemerintahan dari Bupati kepada Camat dan untuk kelengkapan organisasinya sesuai dengan ketetapan Peraturan Daerah Kabupaten Kulon Progo Nomor: 6  tahun 2008 tentang pembentukan  Organisasi dan Tata Kerja Kecamatan.

 

 

1.2      Landasan Hukum

Dalam penyusunan Renja SKPD Kecamatan Samigaluh ini, sejumlah peraturan digunakan sebagai rujukan, yaitu:

a.  Landasan Idiil: Pancasila;

b.  Landasan Konstitusional : UUD 1945;

c.  Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional; 

d.  Undang-undang No. 32 Tahun Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana telah diubah terakhir dengan Undang-undang No. 12 Tahun 2008;

e.  Undang-undang No. 17 tahun 2007 tentang rencana Pembangunan Jangka Panjang nasional (2005-2015);

f.   Peraturan Daerah No. 14 Tahun 2007 tentang sistem perencanaan pembangunan daerah Kabupaten Kulon Progo;

g.  Peraturan daerah Kabupaten kulon Progo No. 16 tahun 2007 tentang Rencana pembangunan Jangka Panjang Daerah Kabupaten Kulon Progo (2005-2025);

h.  Peraturan Bupati Kulon Progo No. 48 Tahun 2012 tentang pelimpahan Sebagian urusan pemerintahan dari Bupati Kepada Camat;

i.    Peraturan Bupati No. 87 Tahun 2012 tentang pedoman umum musyawarah perencanaan pembangunan;

j.    Peraturan Daerah Kabupaten Kulon Progo Nomor 02 Tahun 2012 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Kulon Progo 2011-2016;

 

 

1.3      Maksud dan Tujuan

Maksud dari penyusunan Rencana Kerja SKPD Kecamatan Samigaluh Tahun Anggaran 2015 adalah untuk mengintegrasikan program-program/kegiatan-kegiatan yang ada di SKPD Kecamatan Samigaluh dalam rangka melaksanakan Rencana Strategis SKPD Kecamatan Samigaluh Tahun 2011 – 2016, sehingga Visi dan Misi SKPD yang  telah ditetapkan akan tercapai.

Tujuan disusunnya Rencana Kerja SKPD Kecamatan Samigaluh Tahun Anggaran 2015 adalah sebagai kerangka acuan penyusunan RKA – SKPD Kecamatan Samigaluh Tahun Anggaran 2015 sebagaimana dalam alur pikir Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.