DEMI JALAN WARGA TIDAK MENUNTUT GANTI RUGI

Rapat Koordinasi program buka akses jalam desa Ngori – Pringtali Kebonharjo dilaksanakan di Pendopo Desa Kebonharjo Samigaluh dihadiri oleh:

  1. Dinas Pertanahan dan tata ruang (Sugimo,S.IP)
  2. Camat Samigaluh (Triyanto Raharjo,S.Sos.M.Si)
  3. Kades Kebonharjo ( Rohmad Ahmadi,S.IP)
  4. Kasi Pemerintahan Desa Kebonharjo(Purwanto)
  5. Beberapa Pejabat Desa Kebonharjo dan Masyarakat yang mempunyai tanah untuk program buka akses jalan Ngori – Pringtali.

Dalam rapat koordinasi berhasil dengan baik tanpa ada hambatan artinya semua warga masyarakat yang terdampak buka akses jalan Ngori – Pringtali semua merelakan tanahnya untuk di gunakan sebagai akses jalan desa ini dan tidak akan menuntut ganti rugi dari Pemerintah Desa maupun Kabupaten Kulon Progo  namun semua warga ada permintaan bagi tanah yang sudah bersertifikat untuk pengukuran ulang di bebankan kepada Pemerintah dan untuk tanah yang belum bersertifikat dimohon pemerintah memasukkan dalam program PTSL intinya masyarakat minta penerbitan sertifikat dan masyarakat tidak biaya sendiri. Dalam rapat koordinasi antara Pemerintah Desa Kebonharjo dengan Masyarakat di Pendopo Desa Kebonharjo telah ada kesepakatan bahwa untuk tanah yang sudah bersertifikat,Pengukuran ulang menjadi tanggungjawab Dinas Pertanahan dan Tata ruang Kabupaten Kulon Progo sedangkan untuk tanah yang belum bersertifikat akan dimasukkan PTSL menjadi tanggungjawab Pemerintah Desa Kebonharjo.dengan total 161 bidang tanah. Sertifikat yang sudah dalam proses sejumlah 34 sertifikat dengan penyesuaian lahan yang baru

Buka akses jalan Ngori-Pringtali di programkan oleh Pemerintah Desa Kebonharjo dan telah sepakat kepada masyarakat, jalan yang sudah ada 3 meter menjadi 5 meter ditambah bahu jalan kanan kiri 2 meter total lebar jalan 7 meter. Dalam Sambutannya Camat Samigaluh Triyanto Raharjo menyampaikan ucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat yang sudah merelakan tanahnya, dengan demikian masyarakat sudah ikut menyukseskan program Pemerintah Desa semoga dengan terbukanya akses jalan Ngori – Pringtali akan meningkatkan ekonomi warga masyarakat Kebonharjo.karena jalan ini selain sebagai jalur ekonomi juga akan lebih mudah menuju  tempat wisata candi Pringtali yang berada tepat di atas SD N Pringtali. Candi Pringtali merupakan bangunan peninggalan nenek moyang yang sampai sekarang masih di lestarikan oleh masyarakat Padukuhan Pringtali.(red jmr)