TRADISI BARITAN

Haii shobat semua dimanapun anda berada.... Apa kabar kalian semua?  Semoga selalu di beri kesehatan dan nikmat yang berlipah dari Tuhan Yang Maha Esa aamiin...
Oke shobat..... disini aku akan berbagi informasi dengan kalian semua mengenai adat istiadat yang ada di daerahku. Bukan di daerahku saja namun juga di luar daerahku. Apa itu? 

Tradisi Baritan, tradisi ini merupakan tradisi yang mana masyarakat merayakan upacara syukuran yang di lakukan di salah satu sumber air yang selalu di ambil sebagai air minum dan kebutuhan sehari-hari warga masyarakat sebagai wujud syukur kepada Allah atas limpahan rezeki serta syukur atas hasil panen masyarakat daerah tersebut. Baritan ini memang di lakukan masyarakat setelah pasca panen padi.


Prosesi acara baritan seperti apa ??

Setiap rumah atau setiap keluarga membuat makanan tradisional yakni ketupat dan tempe kedua makanan ini di setor atau dikumpulkan di acara baritan yang dipusatkan di tempat sumber air, di dekat sumber air di siapkan tempat dari anyaman bambu di sebut juga eblek untuk menaruh ketupat dan tempe dari hasil setoran masyarakat.

Setelah semua masyarakat berkumpul di area tersebut, upacara akan dimulai dengan sambutan salah satu Tokoh Masyarakat di dusun kami, lalu pembacaan doa dan mujahadah. Setelah selesai mujahadah dan doa ketupat yang berada di atas eblek akan bersamaan di rebut oleh masyarakat yg mengikuti upacara tersebut, pada bagian ini menjadi hal yang paling menarik dan paling di tunggu-tunggu oleh masyarakat.Upacara ini bisa di ikuti oleh berbagai kalangan baik orang dewasa maupun anak kecil. Sehingga pelaksanaan upacara Baritan ini berlangsung sangat meriah.

Tidak berhenti disini, selesai melaksanakan upacara masyarakat dijamu dengan berbagai makanan tradisional seperti: klemet, Geblek, Tahu susur,Gethuk, dll.

Beginilah shobat, tradisi upacara baritan yang ada di daerahku, dan tentunya setiap daerah pasti memiliki tradisi yang berbeda-beda, yang terpenting kita harus tetap bersikap toleran terhadap budaya-budaya atau tradisi di daerah lain. Karena banyaknya perbedaan budaya menjadikan bahwa negara kita kaya akan budaya yang adi luhung.

Semoga artikel sederhana ini dapat bermanfaat bagi kita semua.