PECINTA ALAM

Masuk Ke GOA , Bikin Lupa Pekerjaan yang menjenuhkan

kegiatan di alam terbuka sangat bebas, Tuhan telah menciptakan alam semesta ini untuk kemaslahatan umat manusia di muka bumi,ada laut, udata dan daratan. Yang didaratan ada hal yang saat ini sangat marak di perbincangkan warga masyarakat tak lain adalah Gua yang sangat menajupkan, yang didalamnya banyak bebatuan stlagtit, stalagmit, Flow Stone (Batu alir), Curtain (bentukan yang seperti lembaran berlipat yang menggantung di langit-langit gua atau dinding gua) sekarang banyak orang yang akan melihat dari dekat dan berlomba-lomba untuk melakukan kegiatan yang lebih ekstreme lagi. Kegiatan di udara dan laut pun di hadapi untuk mencari tantangan. Kegiatan di alam bebas semakin berkembang., telusur gua di lakukan justru di dalam bumi dengan merambah setiap lorong-lorong yang ada di dalam goa.

Kalau di lihat dari aspek keselamatannya, justru kegiatan telusur gua ini termasuk jenis petualangan yang sangat berbahaya. Kenapa demikian? Karena kita tidak mengetahui ada apa di dalam bawah tanah yang gelap itu. Ini yang menjadi sebuah tantangan bagi pecinta goa untuk berpetualang di dalamnya. Kegiatan penelusuran gua merupakan sebuah rangkaian kegiatan yang kompleks. Ada Arung jeram, dan menyelam namun di Goa Banyu Semurup sangat cocok untuk menjadi tantangan bagi pencinta alam untuk menelusuran goa ini, oleh karena itu menelusuri goa perlu kehati-hatian di dalamnya

Kegiatan penelusuran gua di perkenalkan di Eropa sejak 200 tahun yang lalu dan dalam sejaran tercatat penelusuran pertama kali di lakukan oleh Louis Marsalliers, dia menuruni gua vertikal di Languedoc Prancis. Dia melakukannya untuk kepentingan ilmiah. Sehingga sampai sekarang sangat banyak sekali pecinta alam yang melakukan penelusuran goa. Kali ini Goa Banyu Semurup yang berada di wilayah pedukuhan Jumblangan XII Desa Banjarsari Kecamatan Samigaluh menjadi goa yang sangat cocok untuk di lihat dan dipelajari dari jarak dekat.

Di Indonesia sangat banyak potensi-potensi wisata yang semakin banyak dan bermunculan, semua obyek wisata yang sangat digemari masyarakat saat ini adalah obyek wisata alam seperti gunung dan goa. Gua Banyu Semurup  merupakan salah satu gua wisata yang masih alami di Jumblangan XII, Desa Banjarsari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi gua yang mudah di tempuh dengan kendaraan, karena letak pintu masuknya berada di pinggir jalan .

Untuk memasuki kawasan Gua Banyu Semurup cukup hanya dengan murah rupiah kepada pihak Pengelola. Hanya berjalan kaki sekitar 500 meter dalam menelusuri lorong gua dari pintu masuk Gua sampai finish.

Gua ini sangat cocok bagi para penggiat penelusuran gua, khususnya bagi para pemula. Tingkat kesulitannya pun masih terbilang aman untuk di lakukan bagi pemula.. Satu hal yang sangat penting dan harus diperhatikan yaitu memasuki gua ketika hujan. Sangat berbahaya sekali memasuki gua sewaktu hujan apalagi durasi hujan yang lebih dari 1 jam karena air hujan dapat dengan cepat memenuhi setiap lorong dalam gua. Sebagian besar lorong yang ada di kawasan gua Banyu Semurup terdapat sungai bawah tanah. Oleh karena itu, sangat wajar ketika memasuki gua banyak bermain dengan lumpur.

Di dalam gua kita bisa menikmati pemandangan bentukan gua yang indah dan beraneka ragam seperti stlagtit, stalagmit, Flow Stone (Batu alir), Curtain (bentukan yang seperti lembaran berlipat yang menggantung di langit-langit gua atau dinding gua) dan macam-macam relief lainnya. Selain itu banyak nama yang ada didalam Gua Banyu Semurup ini antara lain: Mulut Goa, Senthongan, Pawon, Joglo.

Persiapan sebelum menelusuri gua

Harus kita ketahui, kegiatan penelusuran gua merupakan kegiatan yang cukup berbahaya. Kita bergiat di alam yang berbeda dengan kehidupan kita. Kita memasuki lorong-lorong bawah tanah yang kita tidak ketahui apa isi didalamnya. Oleh karena itu, sebelum melakukan kegiatan penelusuran gua sebaiknya kita mempersiapkannya lebih matang agar kita dapat menikmati penelusuran dengan aman.

Hal yang paling utama adalah kondisi fisik yang fit. Dengan fisik yang fit, dengan leluasa kita dapat menikmati petualangan tanpa adanya hambatan. Namun di gua Banyu Semurup tetap ada pemandu yang akan menjelaskan tentang gua ini dari pengelola. Karena yang terpenting dari semua itu adalah kita tidak diperbolehkan hanya sendirian masuk di dalam gua. Untuk mempersiapkan masuk dalam gua sering melakukan latihan, baik itu latihan fisik maupun latihan tehnik-tehnik. Semakin sering kita melakukan latihan maka akan lebih mudah dan nyaman melakukan kegiatan penelusuran didalam gua. (Red jmr)