BAKSOS DONOR DARAH DI KAPANEWON SAMIGALUH

Kapanewon Samigaluh bekerjasama dengan PMI Kabupaten Kulon Progo dan PMI Samigaluh telah melaksanakan kegiatan Donor Darah yang diselenggarakan pada hari Kamis tanggal 16 April 2020 di Pendopo Kapanewon Samigaluh. Donor Darah dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti Surat dari Pemerintah Kabupaten Kulon Progo Nomor 440/0220 tanggal 7 April 2020 perihal Krisis Donor Darah, dimana salah satu himbauannya yaitu agar Panewu bisa menggerakkan ASN dan warga di wilayahnya untuk melaksanakan kegiatan donor darah, yaitu untuk membantu penghimpunan stok darah di PMI Kabupaten Kulon Progo yang semakin menipis, sebagai dampak dari Pandemi Covid-19.

Kegiatan donor darah di Kapanewon Samigaluh diikuti oleh ASN dan warga masyarakat di wilayah Kapanewon Samigaluh. sebagai Panewu Samigaluh Triyanto Raharjo,S.Sos.M.Si melaksanakan donor darah untuk yang pertama kali, kemudian disusul oleh masyarakat yang sudah mendaftarkan diri ke petugas. Pelaksanaan donor darah dimulai pukul 09.00 WIB dan berakhir pukul 13.00 WIB. Perhatian dan animo ASN dan masyarakat Samigaluh ternyata cukup tinggi untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan donor darah ini. Hal ini dapat dilihat dari jumlah pendaftar yang mencapai 70 orang. Namun setelah dilakukan cek kesehatan, hanya 52 orang yang boleh melakukan donor darah, sedangkan 18 orang dinyatakan tidak lolos.

Terkait dengan situasi kesiapsiagaan dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19, maka upaya yang dilakukan oleh petugas yaitu dengan membuat jadwal untuk mengatur waktu kehadiran bagi instansi/warga yang akan melakukan donor darah. Panitia juga menyediakan tempat cuci tangan di depan Pendopo Kapanewon, serta mengatur posisi kursi antrian agar tidak terlalu berdekatan antara satu orang dengan yang lainnya. Pendonor juga diwajibkan untuk memakai masker dan wajib mencuci tangan sebelum dan sesudah melaksanakan donor darah.

Berikut daftar instansi yang mengikuti kegiatan Donor Darah di Kapanewon Samigaluh :

  1. Kapanewon Samigaluh
  2. Polsek Samigaluh
  3. Koramil Samigaluh
  4. Puskesmas Samigaluh I
  5. Puskesmas Samigaluh II
  6. 7 Kalurahan
  7. Tagana Samigaluh
  8. Penyuluh Pertanian Samigaluh
  9. Guru SD/SMP Samigaluh
  10. Pendamping PKH Samigaluh
  11. KPKD Samigaluh

Kegiatan ini diharapkan menjadi sebuah edukasi kepada masyarakat untuk peduli kepada sesama, dan kepada masyarakat yang telah berkenan mendonorkan darahnya untuk kepentingan sosial berarti masyarakat sudah ikut andil dalam menyelamatkan nyawa orang lain.