MENGATASI STUNTING KAPANEWON SAMIGALUH

 

Rapat Koordinasi bulan Juli 2020 Tingkat Kapanewon Samigaluh Jumat 10 Juli 2020 di Pendopo Kapanewon Samigaluh. Hadir dalam acara ini Panewu Anom, Kapolsek, Danramil, semua Kawat Kapanewon Samigaluh dan beberapa perwakilan dari Linsek samigaluh.

Sebagai Pimpinan rakor Panewu Anom Kapanewon Samigaluh Haryanto menyampaikan beberapa materi rakor dengan tema utama penertipan tanah kasultanan dan penanganan stunting. Panewu Anom menghimbau agar semua peserta rakor untuk ikut berpartisipasi dalam acara rakor ini terutama pihak Puskesmas, KUA dan Sekolah dalam penanganan stunting di samigaluh dan untuk Kalurahan tentang penertipan tanah kasultanan untuk segera melaksanakan dengan mengacu Pemerintah Kalurahan segera tindak lanjuti Pergub Nomor 33 tahun 2017 Ttg pengelolaan dan pemanfaatan tanah kasultanan dan tanah kadipaten, Pergub Nomor 34 tahun 2017 tentang pemanfaatan tanah desa.

Hasil rembuk stunting kalurahan meliputi:

  1. Penyelenggaraan Pemerintah Desa
  2. Pelaksanaan Pembangunan Desa
  3. Pemberdayaan Masyarakat
  4. Pembinaan Masyarakat.

Stunting sendiri adalah kondisi gagal tumbuh pada anak anak akibat dari kekurangan gizi kronis, sehingga anak terlalu pendek untuk usianya.

Beberapa Pilar Penanganan Stunting adalah

  • komitmen dan visi kepemimpinan;
  • kampanye dan komunikasi perubahan perilaku;
  • konvergensi, koordinasi dan konsolidasi program pusat, daerah dan kalurahan;
  • ketahanan pangan dan gizi;
  • pemantauan dan evaluasi.

Panewu Anom menyampaikan kegiatan GEMPAR (Gerakan Menanam Tanaman Pangan di Pekarangan) tingkat Kabupaten Kulon Progo di pusatkan di KWT Mekar Sari di Pedukuhan Kaliduren Kebonharjo yang direncanakan tanggal 24 Juli 2020.