PMI KULON PROGO GELAR DONOR DARAH DI PAGERHARJO SAMIGALUH

Donor darah di laksanakan di Kalurahan Pagerharjo kapanewon samigaluh selasa 21 Juli 2020 dalam kegiatan ini diprakarsai oleh PMI Kulon Progo, sebagai pelaksana kegiatan BUMDES Binangun Pagerharjo dan Pemerintah Kalurahan Pagerharjo. Hadir dalam acara ini Panewu Samigaluh sugimo untuk mengikuti kegiatan dan sekaligus melaksanakan Monev.

Panewu Samigaluh mendukung kegiatan donor darah yang dilaksanakan oleh Pemerintah Pagerharjo melalui Bumdes Binangun ini semoga kegiatan ini bisa berlanjut dan menjadi contoh bagi Kalurahan lain di Samigaluh bahkan di Kulon Progo pada umumnya.

Disampaikan PJ.Lurah Pagerharjo Jumaryadi bahwa kegiatan donor darah selalu berkerja sama dengan PMI Kulon Progo, para pendonor  adalah warga pagerharjo dan Karyawan Karyawati dari OPD lintas sektor Samigaluh seperti Kapanewon, Polsek, Koramil, Puskesmas, dan lain sebagainya. Dengan Donor darah yang rutin dilaksanakan sebelumnya setiap tiga bulan sekali mulai Juli dan selanjutnya akan dilaksanakan dua bulan sekali  dilaksanakan di Kalurahan Pagerharjo dan diharapkan warga Samigaluh bisa mengikuti kegiatan ini karena dengan mendonorkan darah sudah ikut menyelamatkan nyawa seseorang.

Direktur BUMDES Binangun Pagerharjo Sri Hardani menyampaikan juga bahwa kegiatan yang sudah rutin dan selalu mendapatkan dukungan dari pihak Pemerintah dan warga masyarakat, karena masyarakat sudah sadar pentingnya darah untuk keselamatan nyawa, maka banyak juga yang rela mendonorkan darahnya karena ada yang menyatakan dalam bahasa jawa “ora iso nyumbang duit yo nyumbang getih/darah” untuk orang lain.

Hasil dari kegiatan ini PMI mendapatkan darah sebanyak 24 kantong yang sehat sebetulnya banyak peserta namun tidak memiliki beberapa syarat yang masuk untuk melaksanakan donor antara lain:

  1. Usia 17-60 tahun (usia 17 tahun diperbolehkan menjadi donor bila mendapat izin tertulis dari orangtua)
  2. Berat badan minimal 45 kg
  3. Temperatur tubuh 36,6 - 37,5 derajat Celcius
  4. Tekanan darah baik yaitu sistole = 110-160 mmHg, diastole = 70-100 mmHg
  5. Denyut nadi teratur yaitu sekitar 50-100 kali/menit
  6. Hemoglobin perempuan minimal 12 gram, sedangkan untuk laki-laki minimal 12,5 gram
  7. Jumlah penyumbangan per tahun paling banyak 5 kali dengan jarak penyumbangan sekurang-kurangnya 3 bulan
  8. Calon donor dapat mengambil dan menandatangani formulir pendaftaran, lalu menjalani pemeriksaan pendahuluan, seperti kondisi berat badan, HB, golongan darah, dan dilanjutkan dengan pemeriksaan lainnya oleh petugas.