PENCANANGAN GEMPAR OLEH BUPATI KULON PROGO DI SAMIGALUH

Kunjungan Bupati dan Wakil Bupati Kulon Progo di KWT (Kelompok Wanita Tani) Mekarsari Pedukuhan Kaliduren Kebonharjo Jum’at 24 Juli 2020 dalam acara GEMPAR (Gerakan Menanam Pangan di Pekarangan) ini semua dalam rangka mewujudkan kemandirian Pangan dan Optimalisasi lahan pekarangan dalam upaya meningkatkan ketersediaan pangan yang Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA)

Hadir dalam acara ini selain Bupati Kulon Progo Sutedjo beserta Istri dan Wakil Bupati Kulon Progo Fajar Gegana bersama Istri juga didampingi oleh Kadin Pertanian dan pangan Kulon Progo juga  beberapa Tim dari Kabupaten Kulon Progo, kegiatan ini disambut oleh Panewu Samigaluh Sugimo,beserta Forkompimka Samigaluh, Lurah Kebonharjo dan warga masyarakat Kaliduren Kebonharjo. Disampaikan ucapan selamat datang oleh Panewu Samigaluh Sugimo kepada para tamu yang hadir dalam acara GEMPAR ini, dan Panewu meminta dukungan dan arahan agar KWT Mekarsari Kaliduren dan semua KWT di Samigaluh bisa benar-benar mengikuti arahan dari Pemerintah bahwa untuk bangkit dalam memanfaatkan lingkungan guna menanam tanaman pangan di pekarangan, dan dilaporkan pula oleh Panewu Samigaluh bahwa hari ini GEMPAR juga dilaksanakan di seluruh Kalurahan se Samigaluh yang di pimpin oleh Lurah setempat juga para pendamping dari Dinas Pertanian dan Pangan yang ada di Samigaluh.

Bupati Kulon Progo Sutedjo menyampaikan beberapa hal terkait kegiatan GEMPAR, walaupun dalam pandemi Covid-19 ini terus kita gelorakan dan berjuang bersama untuk maju dan selalu mengelola potensi yang ada di sekitar kita dengan semangat Bela Beli Kulon Progo.Saat ini Kulon Progo mengikuti Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik yang disebut Kopetisi PanganKU inovasi ini dalam rangka pemenuhan BPNT sembako kepada KPM(Keluarga Penerima Manfaat). Bupati Kulon Progo mengambil kebijakan untuk pemberdayaan masyarakat. Untuk penyediaan beras diserahkan kepada Gapoktan, telor kepada peternak telor,buah-sayur kepada KWT, lele kepada Pokdakan, tahu tempe kepada pengrajin tahu tempe, hal ini mendorong dalam upaya memberdayakan potensi yang ada di masyarakat. Selain GEMPAT(Gerakan Menanam Pangan di Pekarangan) juga melakukan launching Inovasi Beras Biofortikasi yaitu beras Nutri Zinc untuk pencegahan stunting di Kabupaten Kulon Progo. Beras ini mempunyai Zinc yang lebih tinggi dari beras biasa, dimana kandungan Zinc sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mencegah stunting. Pada akhir sambutan Bupati menyampaikan yel-yel Kulon Progo “Bela Kulon Progo di Jawab Beli Kulon Progo, Beli Kulon Progo dijawab Bela Kulon Progo, Iso Nandur di jawab Ngapo tuku, iso ngingu di jawab ngopo tuku, iso gawe dijawab ngopo tuku” dengan GEMPAR diharapkan Panen terus.