PEMERIKSAAN TUBERKULOSIS DI KAPANEWON SAMIGALUH

Penenelitian Zero TB dari Pusat Kedokteran Tropis FK-KMK UGM dilaksanakan di pendopo Kapanewon Samigaluh Selasa 01 September 2020 kegiatan ini berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, Puskesmas Samigaluh I dan II. Hadir dalam acara ini Tim Zero TB UGM dan di terima oleh Panewu Samigaluh.

Panewu Samigaluh Sugimo menyampaikan ucapan selamat datang kepada Tim Zero TB UGM yang telah memberikan pelayanan kesehatan secara gratis bagi masyarakat Samigaluh, dan berharap masyarakat samigaluh bisa mengikuti pemeriksaan dan dinyatakan sehat oleh Tim dokter dari UGM. Acara ini di sambut baik oleh ASN Kapanewon Samigaluh dan warga masyarakat sekitar dilihat dari masyarakat yang mendaftarkan diri untuk melakukan peneriksaan.

Proses pemeriksaan semua melaksanakan pendaftaran dan akan dilaksanakan rontgen yang selanjutnya hasil rontgen langsung akan di jelaskan oleh dokter, selanjutnya bagi yang sudah baik hasil rontgennya berarti sudah selesai di nyatakan normal namun ada yang harus melaksanakan pemeriksaan dahak, hasil pemeriksaan dahak akan diberitahukan kepada pasien yang dinyatakan positif TB, semua pemeriksanaan ini dilakukan secara gratis. dan bagi masyarakat yang belum terlayani di Kapanewon Samigaluh akan dilayani di semua Kalurahan se Samigaluh dengan jadwal yang berbeda untuk hari kamis 3 September 2020 akan dilaksanakan di Pedukuhan Beteng Pagerharjo Samigaluh.